Saturday 17 April 2010

riset suhu (quest 1 fisika)

Sorry telat ya pak Rudy. Riset saya tentang suhu sehari-hari tidaklah panjang pak dan teman-teman. Suhu di dalam kehidupan sehari-hari akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita tersebut. Yang akan saya bahas adalah perubahan suhu di tubuh manusia. Ketika saya berdialog dengan my former biology teacher, saya penasaran. Mengapa orang Amerika Serikat tahan survive di 4 musim di negaranya masing-masing.
Ternyata setelah saya cari tahu, suhu dalam tubuh akan berubah menyesuaikan suhu di sekitarnya. Saya melakukan 2 percobaan terhadap tubuh saya sendiri.
1. Saya sengaja melakukan percobaan ketika saya tertidur. Ketika saya tidur malam hari
hari sedang hujan. Saya tidak mengenakan selimut dan baju (tetapi masih ada
celanya) saya terkena kipas angin dan AC yg kuat. Ketika bangun di pagi hari saya
menemukan bahwa tubuh saya tidak sanggup lagi kedinginan berbeda ketika saya sebe-
lum tidur. Setelah saya amati ketika tertidur suhu dalam tubuh saya mengatur keha-
ngatan agar saya tidak mati kedinginan.
2. Mungkin ini lebih mengarah ke percobaan baru. Saya melihat keadaan suhu tubuh org
gemuk dan kurus. Saya pakai adik saya saja. ternyata dia lebih tahan daripada saya
di ruangan dingin. Mungkin atau pasti penyebab banyaknya lemak dlm tubuh juga ber-
pengaruh kepada keadaan suhu di tubuh kita. Thx.

No comments:

Post a Comment